PELAKSANAAN PEMBERIAN KONSUMSI TABLET FE UNTUK MENGURANGI KEJADIAN ANEMIA PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS IDI RAYEUK KABUPATEN ACEH TIMUR TAHUN 2022

    Eva Ratna dewi, Mernawati Mernawati, Herpina Herpina, Lisa Adelia, Indri Cyndiana, Roilani Roilani, Eva Ratna Dewi, Wara Valegis,

Abstract

LATAR BELAKANG World Health Organization (WHO, 2016), melaporkan bahwa prevalensi anemia pada ibu hamil di dunia sekitar 40,1 persen. Persentase tersebut mengalami peningkatan dari tahun 2015 sebesar 39,8 persen dan tahun 2014  sebesar 39,6 persen.

TUJUAN dari pengabdian masyarakat ini adalah agar kejadian angka kejadian anemia pada ibu hamil akan berkurang sehingga, ibu-ibu yang di puskesmas idi rayeuk bisa melahirkan secara normal.

METODE penelitian ini dengan penyuluhan tentang edukasi pemberian tablet Fe pada ibu hamil. Dan dilakukan kepada ibu hamil dengan pwmbweian kuesioner pre=test dan pos test pada ibu-ibu di sekitar wilayah puskesmas idi rayeuk tahun 2022. Jynlah sasaran ibu-ibu yang ada di wilayah sekitar puskesmas sebanyak 20 orang.

HASIL kegiatan pengabdian tentang “ Pelaksanaan Pemberian Konsumsi Tablet Fe Untuk Mengurangi Kejadian Anemia  Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur Tahun 2022”. Adanya peningkatan setelah dilakukannya penyuluhan tentang pemberian konsumsi tablet Fe. Sebelum di lakukan penyuhan ada sebanyak 15 orang yang tidak memahami tentang konsumsi tablet Fe, setalah dilakukan penyluhaan 18 orang sudah mengetahui tentang konsusmsi tablet Fe.sehingga pelaksanaan pengabdian masyarakat ini ada peningkatan dalam konsumsi tablet Fe.

Full Text:
Section
Kesehatan