PkM WORKSHOP PENGENALAN KARAKTER KAMPUNG KOTA MENGGUNAKAN METODE PROJECT BASED LEARNING BAGI GURU GEOGRAFI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS

    Deasy Olivia, Rendy Akbar, Andi M.Ahsan Mukhlis,

Abstract

Pembelajaran merupakan kegiatan yang penting untuk membangun dan mengembangkan pengetahuan siswa. Pembelajaran tidak akan berhasil apabila tidak didukung oleh inovasi dan keaktifan siswa  dalam memahami permasalahan berdasarkan contoh kasus nyata yang ada di sekitarnya.Geografi merupakan mata pelajaran yang membutuhkan kemampuan berpikir kritis, pemahaman spasial,sosial,ekonomi, dan budaya.Oleh karena itu, untuk membangun kemampuan berpikir kritis yang berbasis kasus nyata, maka diperlukan sebuah workshop Pengenalan Karakter Kampung Kota menggunakan metode Project Based Learning.Karakter kampung kota dipilih sebagai tema workshop dikarenakan kampung kota merupakan permukiman yang memiliki permasalahan dan potensi yang sangat kompleks dilihat dari aspek fisik, geografis, sosial, ekonomi, dan budaya.Dengan demikian, pengenalan karakteristik kampung kota dapat menjadi studi kasus yang sangat menarik untuk dikaji dan dibahas, serta peserta pelatihan bisa lebih kritis dan kreatif dalam merespons dan memberikan saran untuk pengembangan kampung kota berdasarkan karakteristik kampung kota.Kegiatan PkM bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kritis dengan menggunakan project based learning terhadap pada mata pelajaran geografi, sehingga dalam menerapkan pembelajaran Geografi bagi peserta didik dapat lebih kontekstual.Kegiatan ini diawali dengan penyampaian materi tentang kampung kota, lalu dilanjutkan dengan workshop bagi peserta secara berkelompok mengkaji karakteristik kampung kota dan memberikan ide pengembangan kampung kota yang menjadi studi kasus, lalu diperesentasikan serta didiskusikan bersama dengan seluruh peserta.

References

Geçit, Y., & Akarsu, A. H. (2017). Critical Thinking Tendencies of Geography Teacher Candidates in Turkey. Universal Journal of Educational Research, 5(8), 1362–1371.
Hayati,Islamul Wahyu, Utaya, Sugeng, Astina, I Komang. (2016). Efektivitas Student Worksheet Berbasis Project Based Learning Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi, Jurnal Pendidikan, Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 468-474.
Kemendikbud. 2013. Model Pengembangan Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA.
Mellita, S.A, Rosita, L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis SiswaPada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 3(2), 70 -79.
Nursyahbani, Raisya, Pigawati Bitta. (2015). Kajian Karakteristik Kawasan Pemukiman Kumuh Di Kampung Kota (Studi Kasus: Kampung Gandekan Semarang), Jurnal Teknik PWK Volume 4 Nomor 5. 267-281
Oktavianto, D. A. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Google Earth terhadap Keterampilan Berpikir Spasial The Effect of Project-Based Learning Assisted Google Earth To Spatial Thinking Skills. Jurnal Teknodik, 21(1), 059. Diperoleh dari https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/227.
Olivia, Deasy, Setioko, Bambang, Pandelaki, Endrianto Edward. (2018). Analisa Faktor Pembentuk Karakteristik Sebaran Sarana dan Prasararana Permukiman Di Wilayah Perbatasan (Studi Kasus: Kelurahan Sendang Mulyo Kota Semarang). Jurnal Teknik 39 (2), 106-113.
PISA. 2012. Results in Focus: What 15-Year-Olds Know and What They Can Do With What They Know, (Online), (http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-overview.pdf). diakses 29 September 2022.
Sharma, M. B., & Elbow, G. S. (2000).
Using Internet Primary Sources to Teach Critical Thinking Skills in Geography. Greenwood Professional Guides in School Librarianship. Greenwood Press, 88 Post Road West, PO Box 5007, Westport, CT 06881-5007
Sularmi, Utomo,Hari Dwiyono.(2018). Pengaruh Project-Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan, Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(4), 475-479
Full Text:
Section
Pendidikan