PENINGKATAN OMSET PENJUALAN MIE LEVEL SEHAT DAPUR AINI MELALUI MEDIA APLIKASI ONLINE

    Dewi Suprobowati, Mulus Sugiharto, Miskan Miskan,

Abstract

PENINGKATAN OMSET PENJUALAN MAKANAN MIE LEVEL SEHAT DAPUR AINI MELALUI MEDIA APLIKASI ONLINE

Dewi Suprobowati1 ,Mulus Sugiharto2 ,Miskan3

Prodi Administrasi  Publik ,FISIP,Universitas Wijaya putra

[email protected]

 

 

 

Mie adalah makanan alternatif pengganti beras  banyak dikonsumsi masyarakat.Mie menjadi popular dikalangan masyarakat karena harganya murah, cara pengolahan sekaligus penyajianya sederhana.Mie banyak mengandung karbohidrat  banyak menyumbang energi pada tubuh sehingga mie dapat dijadikan sebagai makanan penganti nasi.

 

Ibu Atik,  berusia 47 tahun di masa pandemi  memiliki usaha  mie level bertempat tinggal di Jl. PBI Blok H  No. 01 Surabaya. Berdasarkan data yang diperoleh dari mitra terkait dengan usaha yang mereka rintis   di masa pandemi  penjualan mengalami penurunan secara drastis  terkendala kondisi ppkm.Sebagian besar pembelinya dari anak sekolah.

 Permasalahan dan solusi yang ditawarkan Permasalahan Produksi, solusinya  adanya alat  modern. Mika plastic  menggunakan alas daun pisang. Permasalahan Manajemen, solusinya pendampingan dan pelatihan tentang manajemen pemasaran baik secara online maupun offline,pendafaran aplikasi online, permasalahan Administrasi Keuangan, solusinya Pelatihan dan Pendampingan Pembukuan sederhana,Pembuatan NIB (Nomor ijin berusaha)   Permasalahan Kemasan Produk, Solusinya  Pelatihan Kemasan Produk.

Tujuan akhir  PPM   mitra memahami permasalahan usaha yang dihadapi,   Harapan ke depan atas keberlanjutan  program ini dapat menjadi produk unggulan mie level yang higienitas di kecamatan pakal kota Surabaya.

 

Kata Kunci: Mie sehat

Full Text:
Section
Ekonomi, Sosial, dan Budaya