The Productivty Improvement Of Semanggi Trader Base On Through Design : Product, Packaging, Financial And Marketing Diversification

    Yuli Ermawati, Nurleila Jumati,

Abstract

Sejak Indonesia dilanda krisis, tidak semua posisi penting UKM ini dapat dipertahankan. Namun dibandingkan perusahaan besar, UKM cukup kuat menahan gejolak krisis ekonomi.. Pecel Semanggi Suroboyo adalah makanan khas lokal Surabaya yang sudah mulai langka namun masih diminati oleh masyarakat. Salah satu UKM yang menjajakan Pecel Semanggi Suroboyo adalah Ibu Siti Nuriyah. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah hasil produksi tidak bisa tahan lama (karena keterbatasan IPTEK) dan belum ada diversifikasi, manajemen usaha dan keuangan masih konvensional , pemasaran masih belum menyentuh teknologi informasi.

Tujuan yang akan dicapai adalah hasil produksi bisa lebih tahan lama dan ada diversifikasi produk, manajemen usaha dan keuangan lebih modern dan sistematis, pemasaran menyentuh teknologi informasi.

Metode yang digunakan adalah pendampingan personal terhadap mitra. Rencana yang akan dilakukan oleh tim adalah dengan memberikan pelatihan  proses pengelolaan produksi dengan system pengovenan disertai pengemasan dan alternatif diversifikasi produk, pembukuan sederhana, dan pemasaran efektif secara offline maupun online. Setelah itu tim akan mengawal mereka membuat packaging produk yang modern dengan merk yang mereka ciptakan. Lalu mendampingi mereka melalukan pemasaran secara online agar jangkauan pasar mereka lebih luas. Dengan begitu maka pendapatan mereka akan meningkat dan akan meningkatkan pula kesejahteraan mereka.

Hasil dari metode pendampingan yang diberikan adalah yang pertama packaging produk untuk pecel semanggi telah dirubah sedemikian rupa sehingga menjadi lebih tahan lama dan telah ada diversifikasi produk semanggi menjadi bakwan semanggi dan emping semanggi. Yang kedua adalah manajemen usaha menjadi lebih rapi dan didukung dengan pembukuan sederhana yang mulai rutin dilakukan. Yang ketiga adalah packaging produk yang lebih modern dan cantik disertai dengan pemberian merk serta system pemasaran yang sudah online.

Keywords: pecel semanggi packaging; culinary; Surabaya’s special food.
Full Text:
Section
Ekonomi, Sosial, dan Budaya