Pelatihan Pembuatan Manisan Kering Tomat Dan Terong Sebagai Peluang Usaha Dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan Pada Kelompok Usaha Bersama (Kube) Wanita Kreatif Di Kota Bengkulu

    Muhamad Sil, Isma Coryanata, Darius Darius ,

Abstract

Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Wanita Kreatif termasuk kelompok keluarga miskin sehingga perlu adanya pengupayaan untuk memberdayakan mereka dalam memanfaatkan potensi yang ada. Salah satu upaya pemberdayaan masyarakat di daerah Kelurahan Bentiring diantaranya melalui kegiatanpembuatan manisan tomat dan terong. Hal ini mudah dialksanakan oleh masyarakat dan mudah memasarkannya di sekita lingkangan tempat tinggalnya disamping itu tanaman tomat dan terong mudahdidapat karena mudah ditanam di sekitar pekarangan rumah, tidak membutuhkan lahan yang luas, mudah dalam pemelihara, dan waktu panen yang cepat. Permasalahan yang harus segera dicarikan solusinya dalam program Abdimas ini adalah bagaimana memberikan pengetahuandan keterampilan kepada para anggota KUBE Wanita Kreatif dalam budidaya serta pengolahan buah tomat dan terong menjadi produk manisankering yang bernilai ekonomis.

Adapun tujuan program Abdimas ini sebagai berikut: (1) memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi para anggota KUBE Wanita Kreatif dalam pengolahan manisan kering buah tomat dan terong agar dapat bernilai ekonomis, dan (2) memberikan pengetahuan bagi paraanggota KUBE Wanita Kreatif mengenai kewirausahaan dan manajemen pemasaran. Manfaat dari kegiatan Abdimas ini adalah: menambah sumber pengetahuan tentang pendidikan kecakapan hidup dan wirausaha khususnya bagi penyelenggara, para praktisi, akademisi, dan lembaga-lembaga yang peduli terhadap program abdimaspada umumnya; dan sebagai masukan dalam upaya pengembangan  program  pengabdian masyarakat oleh UPBJJ-UT Bengkulu yang berhubungan dengan penyelenggaraan program pendidikan kecakapan hidup.

Adapun metode pelaksanaan abdimas ceramah bervariasi, diskusi, tanya jawab, demonstrasi, dan praktik yaitu: membantu peserta pelatihan dalam mempraktikkan materi secara langsung dalam melakukan budidaya tomat dan terong serta dapat memprosesnya menjadi manisan yang bernilai ekonomis sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta serta dapat meningkatkan pendapatan anggota KUBE Wanita Kreatif.

Hasil program abdimas ini memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada peserta pelatihan untuk mampu mengolah  buah tomat dan terong yang  mempunyai nilai jual tinggi. Pelatihan yang berhasil dan efektif, yaitu dengan telah dihasilkan produk manisan kering tomat rasa kurma (torakur) dan manisan kering terong. Setelah pelatihan, peserta telah mulai memasarkan produk tersebut kepada warga sekitar, teman kerabat, serta titip di warung dan toko sehingga dapat menambah penghasilan dan kesejahteraan peserta.

Keywords: life skills, manisan kering, tomat, terong, penghasilan
Full Text:
Section
Pendidikan